Desiminasi Layanan Adminduk & Perijinan

  • Dec 28, 2023
  • Sidoharjo

Senin, 18 Desember 2023 Pemerintah Kecamatan Senori melakukan kegiatan Desiminasi Layanan Adminduk & Perijinan di Balai Desa Sidoharjo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Camat beserta Pegawai Kecamatan Senori, Bapak Kapolsek Senori, Bapak Danramil Senori atau yang mewakili, Bapak Babinsa dan Bapak Babinkamtibmas serta100 orang undangan.

Dalam kegiatan Desiminasi Layanan Adminduk & Perijinan tersebut disampaikan oleh Ibu Yulis selaku Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Senori, bahwa untuk mengurus administrasi kependudukan Kabupaten Tuban telah mempunyai inovasi "Cedak Mas", yaitu Cepat Dekat Masyarakat, semua dokumen kependudukan meliputi KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran/kematian, pindah datang bisa dicetak di kecamatan. Dan yang mengurus langsung di kecamatan tidak dikenakan biaya/gratis.

Sedangkan dalam hal perijinan, Beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tuban juga mempunyai inovasi "Jempol Lari", yaitu Jemput Bola Pelayanan Perijinan yang merupakan  inovasi untuk mendekatkan pelayanan perijinan kepada masyarakat terutama bagi warga masyarakat yang berada jauh di wilayah kota. Sekaligus mewujudkan pemerataan wujud pemerataan pelayanan perijinan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dan petugas perijinan dari kabupaten akan keliling setiap 3 bulan sekali untuk datang ke kecamatan, kemudian akan diinformasikan kepada pemerintah desa agar dilanjutkan informasi tersebut bagi warga yang akan mengurus perijinan usaha.